Corona Memperlambat Ekonomi Indonesia

Corona Memperlambat Ekonomi Indonesia

Pemerintah menyatakan wabah corona menekan ekonomi Indonesia. Virus mematikan asal Cina itu memaksa Indonesia menutup pintu bagi turis Tiongkok, menurunkan ekspor, serta perdagangan.

Pemerintah menyetop penerbangan dan pelayaran dari dan ke Cina mulai pukul 00.00 WIB tadi malam. Ini merupakan langkah berat mengingat ada dua juta wisatawan Tiongkok mengunjungi Indonesia setiap tahun dan menghasilkan potensi devisa US$ 4 miliar. Kementerian Koordinator Perekonomian menghentikan impor hewan hidup dari negara tersebut, termasuk bawang putih dan buah-buahan.

Penentangan Pemulangan WNI Eks ISIS Menguat

Dewan Perwakilan Rakyat mengkritik rencana Menteri Agama Fachrul Razi memulangkan warga negara Indonesia eks pengikut Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Fachrul dianggap melampaui kewenangannya karena kebijakan itu merupakan ranah Kementerian Luar Negeri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

OJK Percepat Reformasi Industri Asuransi

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) melanjutkan reformasi pengaturan dan pengawasan industri keuangan nonbank, terutama asuransi. Hal ini didorong berbagai persoalan yang menimpa perusahaan asuransi nasional, mulai AJB Bumiputera, Jiwasraya, hingga Asabri.

OJK menyatakan reformasi itu meliputi perbaikan manajemen risiko, tata kelola, hingga laporan kinerja investasi. Mereka akan memastikan semua perusahanaan asuran menerapkan aspek kehati-hatian dan manajemen risiko sesuai yang disyaratkan.